200 Wastafel Karya Politeknik Negeri Padang Diserahkan ke BPBD

(Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melihat wastafel di BPBD. Foto: M Hendra)

PADANG – Mahasiswa Politeknik Negeri Padang, Sumatera Barat, turut membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Cara yang dilakukan adalah menciptakan 200 wastafel, yang diserahkan ke Satgas BUMN melalui PT Pelindo.

Wakil Satgas BUMN PT Pelindo, Iskandar, mengatakan, wastafel itu dibuat oleh mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Dari keterangan pihak kampus, awal mula terciptanya wastafel itu, sebagai pengganti kegiatan magang para mahasiswa.

Ia menjelaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19, para mahasiswa itu tidak bisa melakukan magang seperti yang ada dalam ketentuan keilmuan yang dipelajari. Kini, melihat dari kepedulian para mahasiswa itu, Satgas BUMN pun membeli wastafel itu, dan menyerahkannya ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yakni melalui BPBD Sumatera Barat.

“Yang berperan aktif dalam pembuatan wastafel ini adalah dari mahasiswa Politeknik Negeri Padang, karena tidak bisa magang karena Covid-19. Mereka ditarik ke kampus, lalu diberdayakan untuk membuat wastafel,” katanya, Rabu 10 Juni 2020 di Padang.

Iskandar menyebutkan dengan telah diserahkannya 200 wastafel itu ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, bukan berarti bantuan itu adalah untuk terakhir kalinya. Sebab, apabila dalam masa mendatang ada permintaan dari Gubernur, maka Satgas BUMN akan menambah wastafel tersebut.

“Kita akan coba tambah sesuai dengan kebutuhan, bila Gubernur meminta tambahannya,” tegas dia.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan wastafel itu nantinya akan disebarkan ke daerah-daerah atau untuk kepentingan umum nantinya. Seperti ke masjid, kantor, pasar, dan termasuk ke sekolah-sekolah.

“Saya berharap kepada masyarakat agar wastafel itu dapat dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga dipergunakan untuk jangka panjang,” harapnya.

Dalam menerapkan new normal atau tatanan kehidupan baru ini, penyediaan wastafel adalah hal yang harus ada di setiap-setiap tempat umum. Tujuannya, agar masyarakat bisa mencuci tangan, sebelum dan sesudah melakukan kegiataan saat berada di kawasan umum.

Sumber : https://kabarminang.id/read/200-wastafel-karya-politeknik-negeri-padang-diserahkan-ke-bpbd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *