Tahun 2019, Kemenristek Dikti Dapat Dana Penelitian Rp 1 Triliun

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristek Dikti) mendorong para peneliti untuk melakukan riset yang hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat umum.
Dirjen Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Muhammad Dimyati menyatakan, sejauh ini puluhan ribu hasil penelitian hanya bermanfaat bagi kalangan komunitas peneliti saja. “Sekitar 22.000 hasil penelitian baru dipublikasikan. Kami dorong peneliti untuk menghasilkan penelitian yang lebih bermanfaat bagi masyarakat umum, tidak seperti menara gading, yang tidak menetes,” jelas Dimyati, usai menghadiri International Conference Sutainable Rural and Regional Development di Magelang, Selasa (11/12/2018).
Dimyati melanjutkan, mulai tahun 2019, akan diterapkan skema pendanaan penelitian yang lebih baik dan sederhana. Sebelumnya dana penelitian diback-up APBN 84 persen dan swasta 16 persen. Baca juga: Diduga Terlibat Korupsi Dana Penelitian Rp 980 Juta, Guru Besar Ditahan “Tapi sekarang kami punya skema baru namanya Indoman Fund. Tahun 2019 nanti, kami dapat dana penelitian mencapai Rp 1 triliun, ini sudah disepakati pemerintah dan DPR,” paparnya. Dengan demikian, akan ada sumber penelitian yang penggunaannya lebih sederhana karena yang dipakai hanya bunganya dan besaran akan bertambah secara bertahap. Selain itu juga ada sumber dana lain dalam bentuk kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri.

“Ada lebih dari 100 perguruan tinggi di Indonesia yang telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Inggris, Amerika, Jepang, Australia, Jerman dan sebagainya,” imbuhnya. Lebih lanjut, dalam tiga tahun terakhir, sudah ada sekitar 62.000 hasil penelitian yang didanai pemerintah, hasilnya seperti pesawat N129, Gesit, Konverter Kit, alat membuat bakso, hingga Sulis (susu listrik) yang sudah diterapkan banyak produsen susu di berbagai daerah. ” Peneliti harus terjun merumuskan apa yang dibutuhkan masyarakat, supaya hasilnya bisa langsung ditangkap industri,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tahun 2019, Kemenristek Dikti Dapat Dana Penelitian Rp 1 Triliun”, https://regional.kompas.com/read/2018/12/12/07431431/tahun-2019-kemenristek-dikti-dapat-dana-penelitian-rp-1-triliun.
Penulis : Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Editor : Khairina

Hits: 151

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *