Dosen PNP Berikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Unit Usaha Milik Nagari Pada BUMNag

Dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) memberikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Unit Usaha Milik Nagari pada BUMNag Sako Selatan Badunsanak di Nagari Sako Selatan Pasir Talang, Kabupaten Solok Selatan, pada Selasa (17/8/2021). Kegiatan pelatihan tersebut merupakan pengabdian masyarakat dari dosen PNP.

“Salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Pendidikan yang dilakukan oleh dosen adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dapat dalam bentuk pelatihan yang diberikan kepada mitra pengabdian.” Ungkap dosen PNP Randy Heriyanto selaku ketua tim pengabdi yang didampingi dosen lainnya Fitra Oliyan dan Rini Frima sebagai anggota tim, Selasa (17/8/2021).

Mitra pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan ini adalah BUMNAG SAKO SELATAN BADUNSANAK, dimana mitra pengabdian ini termasuk kedalam kelompok khalayak sasaran (mitra) masyarakat yang produktif secara ekonomi”, imbuhnya.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di aula Kantor Wali Nagari yang dibuka langsung oleh Wali Nagari Sako Selatan Pasir Talang Bapak Pepi Suhendra, didampingi oleh Ketua BUMNag Sako Selatan Badunsanak Bapak Okta Doni Yandra.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengurus BUMNag, Ketua LPMN, Perangkat Nagari, dan Pengurus Lapau Nagari. BUMNag Sako Selatan Badunsanak saat ini memiliki beberapa unit usaha yaitu sewa pelaminan, sewa bus dan pembuatan sandal hotel dan sandal wudhu.

“Keempat unit usaha ini dikelola langsung oleh BUMNag dibawah pengawasan Wali Nagari. Unit-unit usaha yang dikelola ini tergolong banyak dibandingkan Badan Usaha Milik Nagari Lainnya yang berada di Kab. Solok Selatan. Namun demikian, dalam pengelolaan kuangannya mitra masih melakukan pembukuan secara manual dalam hal pencatatan kas masuk dan keluar saja,” sebut Edri Yanti selaku Bendahara BUMNag.

Lebih jauh dikatakan oleh ketua tim pengabdi, BUMNag Sako Selatan Badunsanak diberikan bimbingan teknis tentang pemahaman pengelolaan keuangan BUMNag, berbeda dengan lembaga ekonomi komersial. Perbedaan tersebut terletak pada prinsip pengelolaan usaha secara keseluruhan, termasuk pengelolaan keuangannya.

Oleh karena itu, kegiatan kemitraan ini berkontribusi dalam memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pengelolaan keuangan BUMNag dalan hal ini penyusunan laporan keuangan.

Ungkapan terimakasih disampaikan oleh Wali Nagari Sako Selatan Pasir Talang mewakili Pengurus BUMNag, semoga dengan adanya kegiatan pengabdian ini pembukuan dan pelaporan keuangan BUMNag menuju lebih baik lagi dan usaha-usaha yang sedang berjalan saat ini bisa lebih berkembang dan berdaya saing, sehingga dapat memperkuat perekonomian nagari yang dibentuk berdasarkan kebutuhan masyarakat dan potensi nagari setempat. (**).

Sumber : https://sumbar.targetjurnalis.com/2021/08/19/dosen-pnp-berikan-pelatihan-pengelolaan-keuangan-unit-usaha-milik-nagari-pada-bumnag/

Tinggalkan Balasan