Dosen PNP Latih Kelompok UMKM Ini Penerapan Administrasi dan Legalitas Usaha

Dosen Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Padang (PNP) memberikan pelatihan Penerapan Administrasi dan Legalitas Usaha pada Kelompok Jamur Tiram Limau Manis Sejahtera yang berlokasi di Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Pelatihan diberikan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Penerapan Iptek Masyarakat (PIM), yang merupakan salah satu bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini antara lain Elni Sumiarti, Dr Yosi Suryani, Iwadiah, dan Sarmiadi. Menurut Ketua Tim Pengabdian Elni Sumiarti, pelatihan ini diikuti 26 orang pengusaha jamur tiram dan telah mulai dilaksanakan sejak 18 Agustus 2022.

“Pelatihan berlangsung enam bulan. Satu hari pertemuan tim memberikan materi pentingnya administrasi dalam UMKM dan pentingnya membuat legalitas usaha dalam bentuk PIRT. Selanjutnya pengurusan legalitas,” kata Elni, Selasa (23/8/2022).

Dijelaskan Elni, pengetahuan tentang administrasi dan legalitas atau izin usaha sangat penting bagi Kelompok Jamur Tiram Limau Manis Sejahtera sebagai UMKM yang bergerak di bidang pembudidayaan dan pengolahan jamur.

Pasalnya, dua hal itu demi kelancaran usaha. Dengan mengetahui dan memahami administrasi yang baik, serta memiliki legalitas dan izin usaha maka bisa meningkatkan omzet usaha yang dijalankan.

Nah selama ini yang terjadi pada Kelompok Jamur Tiram Sejahtera, usaha sudah bergerak kurang lebih 2 tahun ini, tapi belum memiliki administasi yang benar, laporan keuangan yang benar dan belum punya legalitas yang jelas,” tutur Elni.

“Legalitas itu seperti PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga), BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan sertifikat halal. Sehingga sulit dalam pengembangan usaha terutama pemasaran,” tambah Elni.

Terbukti dari hasil produksi Kelompok Jamur Tiram Sejahtera baru dipasarkan pada pasar-pasar tradisional, sementara untuk pasar modern belum bisa. Padahal pasar-pasar modern ini sangat potensial untuk tempat pemasaran produksi jamur tiram ini

“Makanya kami beri pelatihan ini. Hasil pengabdian ini adalah terbitnya Nomor PIRT pada usaha Kelompok Jamur Tiram Sejahtera sehingga pemasaran olahan jamur ini bisa lebih luas lagi. Baik pasar lokal, nasional bahkan pasar Internasional,” sebut Elni.

Ketua Kelompok Jamur Tiram Limau Manis Sejahtera Elma Yeniati menyampaikan terima kasih kepada Tim Pengabdian Dosen Jurusan Administrasi Niaga PNP yang telah memberikan pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat berati bagi kami, karena kami sekarang sudah mulai mengolah jamur berupa rendang jamur, jamur krispi, kerupuk jamur tapi dalam pemasaran belum luas cakupannya terkendala karena belum adanya PIRT,” sebut Elma. (red)

Sumber: https://sumbardaily.com/dosen-pnp-latih-kelompok-umkm-ini-penerapan-administrasi-dan-legalitas-usaha/

Tinggalkan Balasan