Dosen PNP memfasilitasi Website SMK Dhuafa

Padang, 09 Nopember 2021- Sesuai dengan amanah Undang-Undang, bahwa dosen mempunyai kewajiban melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, dan sebagai bentuk nyata kepedulian dari perguruan tinggi untuk menghilangkan isolasi dunia akademik terhadap persoalan masyarakat, tiga dosen dari Jurusan TeknologiInformasi Politeknik Negeri Padang (PNP) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dhuafa Padang yang berlokasi Jl.M.Thamrin No.93 Ranah Kec. Padang Selatan Sumatera Barat, pada Selasa, 9 Nopember 2021.

Tim pengabdian yang diketuai oleh Yuhefizar, dengan anggota Indri Rahmayuni dan Deddy Prayama tersebut berlangsung selama setengah hari penuh mulai dari jam 8 hingga jam 12 WIB. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan tata kelola website resmi SMK Dhuafa Padang, dengan alamat https://smkdhuafapadang.sch.id, yang sebelumnya website ini telah dibuatkan oleh tim pelaksana pengabdian.

Diera saat ini, website sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap instansi pendidikan, seperti SMK Dhuafa ini, website dapat menjadi media informasi akademik bagi siswa dan wali murid, media untuk memaparkan prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih oleh sekolah,  media untuk galeri foto sekolah, media untuk menginformasikan kabar terkini dari sekolah, media untuk menampikan profil sekolah, media informasi bagi masyarakat luas, misalnya: visi dan misi, kegiatan-kegiatan sekolah, fasilitas yang dimiliki, dan jurusan, media promosi sekolah dalam mencari peserta didik baru, media informasi tentang kelulusan siswa dan alumni dan banyak manfaat lainnya, ujar Yuhefizar disaat pelatihan.

Disamping itu, Indri Rahmayuni, juga menyampaikan, perlunya tim admin sekolah yang bertugas khusus dalam mengelola website ini, karena tanpa ada update informasi terbaru, website ini tentu tidak dapat memberikan manfaat positif bagi sekolah, dan malah bisa jadi sebaliknya. Hal tersebut juga diperkuat oleh Deddy Prayama, bahwa update website menjadi peran penentu dari kesuksesan dan kemanfaatan website sekolah ini. Oleh karena itu, tim pelaksan pengabdian tidak saja membuatkan website sekolah saja, namun diserta dengan kegiatan pelatihan tata kelola website sekolah bagi admin sekolah, agar informasi yang disampaikan diwebsite update dan terkini.

Kegiatan ini mendapat sambutan cukup hangat dari para guru dan administrasi SMk Dhuafa Padang, menurut para guru, kegiatan semacam ini dapat memnambah wawasan para guru tentang manfaat TIK serta mendapat ilmu  baru tentang website sekolah. Harapannya, semoga nanti ada pelatihan lanjutan, agar pemahaman kami tentang tata kelola website ini semakin baik dan proses update informasi lebih baik juga.

Diakhir kegiatan, Bapak Akhirudin mewakili kepala Sekolah mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dari Dosen PNP dalam membantu membangunkan website Sekolah kami, sebelumnya kami sudah memiliki website, namun tidak terkelola dengan baik sehingga tidak bisa diakses lagi sejak beberapa tahun ini, dengan adanya bantuan ini, sekolah kami sangat terbantu sekali, pungkasnya.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45, Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen untuk berkontribusi pada negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua elemen tersebut menjadi aksi dari keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan. [Ephi]

Tinggalkan Balasan