Dukung Kebijakan New Normal, Tim Covid-19 PNP Serahkan Mesin Cuci Tangan Anti Sentuh Untuk Warga Kota Padang

PNP News. Memasuki tatanan kehidupan baru New Normal, Tim Covid-19 Politeknik Negeri Padang (PNP) kembali melanjutkan Safarinya sambil menyerahkan langsung bantuan mesin cuci tangan anti sentuh produksi sendiri kepada Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, di kediamannya, Selasa, 23 Juni 2020.

Direktur Surfa Yondri yang mengomandani langsung Tim Covid-19 PNP tersebut menyatakan, bantuan kecil ini adalah bentuk kepekaan sosial dan dukungan civitas akademika PNP terhadap kebijakan pemerintah yang membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi, terangnya.

Menurutnya, warga kota tak mungkin terus-menerus menunggu di rumah dan aktivitas ekonomi berhenti tanpa kepastian yang menyebabkan kebangkrutan, PHK, dan kekacauan sosial saat kebijakan stay at home atau work from home atau pembatasan sosial diberlakukan untuk mencegah penyebaran massif virus Corona.

Tidak semua warga kota juga bisa bertahan selama berbulan-bulan apalagi bertahun-bertahun dan tetap bisa menghidupi keluarga mereka.
Sebagian mereka harus tetap keluar rumah untuk bisa menghidupi keluarga mereka dan pemerintah dan perguruan tinggi harus bersinergi untuk melindungi mereka yang paling rentan melalui penyiapan pengamanan sosial yang tepat sasaran. Semoga pembuatan mesin sederhana ini gampang ditiru warga, harapnya.

Menanggapi Direktur Surfa Yondri, Walikota Mahyeldi Ansharullah menyatakan apresiasinya terhadap bantuan mesin cuci tangan anti sentuh itu dengan suka cita. “Teknologinya tidak begitu rumit, semoga dapat dimanfaatkan dan ditiru oleh warga kota”, ujar Walikota.

Walikota juga mengimbau warganya untuk meningkatkan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menjaga kebersihan. “Wabah masih ada di sekitar kita. Untuk itu aktivitas ekonomi/publik diperbolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan”, jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua UPT Kerjasama PNP, Alhapen R. Chandra menjelaskan, sebelum ini Tim Covid-19 PNP juga telah melakukan berbagai kegiatan, antara lain penyerahan bantuan disinfectant chamber (30 Maret 2020), Airlock System (16 April 2020) bagi RSUP M.Jamil Padang yang digunakan di Ruang Rawat Penyakit Paru. PNP juga memberikan bantuan wastafel portabel untuk Pasar Bandar Buat, beberapa mesjid, dan fasilitas umum lainnya (10 April 2020). Di samping itu juga memberikan bantuan bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus PNP yang terdampak Covid-19.

Khusus hari itu, PNP menyerahkan 3 unit wastafel portabel kepada pemerintahan kota yang diterima langsung oleh Walikota Padang dan wakilnya. Wastafel portabel sistem mekanikal tanpa sentuh itu memiliki kapasitas air 200 liter, terbuat dari rangka baja ringan, gampang pengoperasiannya dan sangat mudah untuk ditiru pembuatannya.

“Jadi misi kami adalah melakukan edukasi bagi masyarakat dalam menghadapi tatanan hidup baru New Normal karena kita harus senantiasa menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19, jelas mantan Kepala Kantor Urusan Luar Negeri Politeknik Negeri Padang itu mengakhiri.

d®amlis
Fotografer: Naswiradianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *