Kegiatan Berjalan Sukses, Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan BUMNAG TUNGKU TIGO SAJARANG

BUMDes atau BUMNag merupakan Badan Usaha Milik Desa/Nagari adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Nagari melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Nagari yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Nagari.

BUMNag dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam Permendes PDTT No. 4 Tahun 2015 pada ayat (3) disebutkan tentang keharusan tentang pembuatan laporan keuangan seluruh unit-unit usaha BUMNag setiap bulan.

Hal ini mengemuka pada kegiatan Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan BUMNAG TUNGKU TIGO SAJARANG yang berlokasi di Nagari Bomas Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan Bimtek ini merupakan bentuk dari Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen Politeknik Negeri Padang (PNP). Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Ibu Fitra Oliyan, didampingi oleh anggota tim yaitu Bapak Randy Heriyanto dan Ibu Elfitri Santi pada Rabu (12/8/2021).

Kegiatan pengabdian ini diadakan di ruang pertemuan kantor Wali Nagari Bomas Koto Baru. Acara tersebut dibuka oleh Camat Sungai Pagu, Bapak Rolli Almar, S.STP., M.Si dan didampingi oleh PJ Wali Nagari Bomas Koto Baru, Bapak Yuliherman. Hadir juga dalam acara ini Bhabinkantibmas, Pendamping Desa, BAMUS, Ketua Jorong, serta peserta Bimtek yang berasal dari kepengurusan BUMNag. Acara ini bermaksud membantu pengurus BUMNag dalam menyusun laporan keuangan.

Peserta pelatihan Dila (bendahara BUMNag) menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan mempermudah dalam proses penyusunan laporan keuangan. Penyusunan Laporan Keuangan ini menggunakan aplikasi spreadsheet yang sudah dibuatkan template Laporan Keuangannya. Template ini diyakini oleh para peserta dapat mempercepat pekerjaan mereka ungkap Fitra Oliyan, Selasa (17/8/2021).

Apresiasi dan ungkapan terimakasih disampaikan oleh PJ. Wali Nagari mewakili Pemerintah Nagari dan Perangkat Bidang Terkait, beserta seluruh Pengurus atas terselenggaranya kegiatan pengabdian.

Semoga dengan adanya kegiatan ini pelaporan keuangan BUMNag bisa lebih terarah yang mengedepankan akuntabilitas dan transparansi, serta unit usaha yang saat ini sedang dijalankan bisa berdaya saing dan dapat mengembangkan potensi Nagari Bomas Koto Baru. (**).

Sumber : https://sumbar.targetjurnalis.com/2021/08/19/kegiatan-berjalan-sukses-bimtek-penyusunan-laporan-keuangan-bumnag-tungku-tigo-sajarang/

Tinggalkan Balasan