Menuju Digitalisasi Desa, PNP Latih Aparat Nagari Guguak Kuranji Hilir dan Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir

Kebangkitan ekonomi dari desa dapat terjadi dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi di desa serta inovasi yang berkelanjutan. Digitalisasi desa sudah menjadi kaharusan dan tak dapat ditawar lagi demi pencapaian lompatan dalam meningkatkan perekonomian warga mayarakat di pedesaan.

Kenapa Digitalisasi Desa itu Penting?

Kita tidak bisa kemudian terus melakukan atau berposisi pada posisi hari ini, di mana tuntutan zaman, tuntutan perkembangan, tuntutan situasi  kita terus bergerak menuju pada satu situasi yang  disebut zaman digital.

“Nah desa sebagai bagian penting dari sebuah proses pembangunan tidak boleh kemudian bertahan pada posisi-posisi yang lama. Itulah makanya digitalisasi ekonomi desa menjadi salah satu program utama atau prioritas utama di dalam upaya pembangunan desa di Kemendes PDTT,” sambung Gus Menteri, demikian dilansir dari Laman kemendesa.go.id (16/11/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka perguruan tinggi PNP – Politeknik Negeri Padang yang dikomandoi oleh Dr. Yuhefizar – sering disapa Ephi Lintau, M. Ikhsan Yusda Dt. Rky. M., SH.LLM, Novadilastri, SE.MM., Yenida, SE.Msi., Witri Handayani, SS.MPd., dan Lilimiwirdi, SS.,Mhum datang berkunjung ke Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat dalam rangka kegiatan Pengabdian Mandiri.

Kehadiran dosen PNP tersebut membawa tema “Menuju Digitalisasi Desa dengan Menyelenggarakan Pelatihan Website Desa/ Nagari dan Sistem Informasi Nagari (SiNAR).” Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 mulai sejak pukul 09.00 – 12.00 WIB di aula Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir.

Desa Digital dengan SDM Handal

Peserta yang hadir merupakan staf IT – Informasi dan Teknologi dari Nagari Guguak Kuranji Hilir adalah Rizaldi dan dari Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir adalah Egi Aswiranda, Bhabinkamtibmas – Yoffi Afrianto, Indra Dewi, tokoh masyarakat dan warga setempat.

Kedua desa/ nagari tersebut menjadi satu kesatuan dalam rangka kolaborasi pihak perguruan tinggi dengan pihak Kecamatan Sungai Limau yang menaungi 4 buah desa/ nagari, dimana pada tanggal 5 Maret 2021 lalu telah ditandatangani MoU – Memorandum of Understandingnya. Menyusul nantinya adalah Nagari Kuranji Hilir dan Nagari Pilubang.

Ephi  Lintau menjelaskan bahwa sudah saatnya desa/nagari untuk menuju desa/ nagari digital. Untuk menuju Nagari Digital, selayaknya juga mempersiapkan SDM sebagai pelaksananya di tingkat desa/nagari.

“Kami membuatkan website resmi nagari, website sistem informasi nagari serta memberikan memberikan Pelatihan tata kelolanya kepada aparat desa yang nantinya menjadi ujung tombak dalam melaksanakan kegiatan ini. Meningkatkan kapasitas SDM sudah tidak bisa ditawar lagi,” pungkas Ephi Lintau dalam sambutannya. (Laporan: H. Ali Akbar)

Sumber : http://news.tvdesa.id/menuju-digitalisasi-desa-pnp-latih-aparat-nagari-guguak-kuranji-hilir-dan-nagari-koto-tinggi-kuranji-hilir/

Tinggalkan Balasan