P3M dikunjungi Tenaga Ahli Pendamping Desa Kab. Mentawai

Kamis, 18 Nov 2021, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Padang (PNP) menerima kunjungan tamu dari tim Tenaga Ahli Pendamping Desa, dari Kec. Siberut Daya Barat, Kab. Mentawai, Bapak Trisno. Berawal dari informasi-informasi yang beliau terima di masyarakat tentang beberapa program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari PNP serta inisiatif dariĀ  salah satu kepala desa di Kecamatan tersebut, agar berkunjung ke PNP dalam upaya menjalin kerjasama dan sinergi untuk membantu salah satu desa disana yang saat ini belum mendapat energi listrik.

Sebagaimana diketahui, salah satu produk unggulan dari PNP adalah Turbin Crossflow yang digunakan untuk memanfaatkan debit air yang ada di sekitarĀ  untuk diubah menjadi energi listrik. Cara kerjanya dengan memanfaatkan debit air untuk menggerakkan turbin yang akan menghasilkan energi mekanik.

Saat ini, PNP telah mampu merancang dan merakit sendiri turbin CrosFlow sesuai kebutuhan. Turbin CrowsFlow produk PNP merupakan produk teknologi tepat guna yang dirancang menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Kedatangan Bpk. Trisno disambut positif oleh Bpk. Nota Effiandi, ST., M.Pd, selaku kepala pusat Kajian Energi Baru dan terbarukan dari PNP, dan langsung diajak ke bengkel/workshop teknik mesin bagaimana aktifitas di bengkel dan memperlihatkan produk-produk teknologi tepat guna yang telah dihasilkan, salah satunya adalah Turbin CrossFlow.

Yuhefizar, selaku Kepala P3M mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan dari Tenaga Ahli Pemdamping Desa, semoga hasil pertemuan ini segera difollow up menjadi aksi nyata ditengah-tengah masyarakat. Kita di PNP sangat terbuka untuk bekerjasama dengan semua pihak, terutama bersinergi dalam memfasilitasi teknologi tepat guna sebagaimana diamanahkan oleh Direktur PNP, pungkasnya. [ephi]

 

Tinggalkan Balasan