P3M PNP Launching Buku Panduan P3M; Skema Penelitian DIPA PNP 2022 Variatif

PNP News. Skema penelitian yang dibiayai dengan dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Politeknik Negeri Padang 2022 dipastikan lebih variativ, begitu juga dengan anggaran yang disediakan. Personel yang terlibat juga mengakomodasi semua unsur yang ada di Politeknik, seperti dosen, teknisi, tendik, dan mahasiswa. Kebijakan ini membuat peluang civitas akademika lebih leluasa untuk berkiprah dalam Tridharma Perguruan Tinggi, terutama dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu mengemuka dalam Sosialisasi Penerimaan Proposal Penelitian Dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2022 dan Launching Buku Panduan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat PNP Edisi 1 yang berlangsung secara daring, Jumat 25 Februari 2022.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Surfa Yondri mengharapkan buku setebal 88 halaman tersebut sudah bisa digunakan sebagai acuan dalam pembuatan dan pengevaluasian proposal dan laporan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai dana DIPA 2022.

Lebih jauh dikatakan, buku tersebut juga merupakan bukti adanya upaya PNP melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) dalam memfasilitasi dan menyediakan acuan bagi civitas akademikanya. Diharapkan dengan buku tersebut PNP bisa mencapai dan melampaui standar nasional penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Salah satu faktor utama pendukung kemajuan bangsa menurut Direktur adalah inovasi yang berbasis pada penelitian dan pengabdian yang bermutu dan bermanfaat. Sebagai perguruan tinggi vokasi, PNP berupaya untuk memfasilitasi peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan nasional yang pada gilirannya dapat berkontribusi terhadap peningkatan daya saing bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua P3M, Yuhefizar juga mengumumkan, penerimaan proposal penelitian dan pengabdian dana DIPA diselenggarakan pada 26 Februari 2022-31 Maret 2022; evaluasi proposal 1-5 April 2022; penilaian oleh reviewer 7-25 April 2022; pengumuman proposal didanai 29 April 2022; penandatanganan kontrak 9 Mei 2002; monev kemajuan 19 September 2022, monev akhir 3 November 2002 dan seminar hasil 17 November 2022. Khusus untuk seminar hasil ini, menurut Yuhefizar, P3M akan memfasilitasi dalam bentuk seminar nasional dan internasional.

Pada 2022 ini skema penelitian dan pengabdian terdiri dari 3 kategori, yakni kompetitif, penugasan, dan mandiri. Skema penelitian kompetitif terdiri dari Penelitian Terapan Unggulan (PTU), Penelitian Dosen Pemula (PDP), Penelitian Terapan Pemula (PTP), Penelitian Percepatan Guru Besar (PGB) dan Penelitian Terapan Kerjasama Internasional (PTKI). Di sisi lain, skema pengabdian kompetitif terdiri dari Penerapan Ipteks Masyarakat (PIM) dan Penerapan Ipteks Kerjasama Internasional (PIKI).

Penelitian penugasan terdiri dari Penelitian Terapan Program Studi (PTPS) dan Penelitian Terapan Pusat Studi (PTPS). Di sisi lain, skema pengabdian penugasan adalah Penerapan Ipteks Pengembangan (PIP).

Untuk Skema Penelitian Mandiri adalah Penelitian Terapan Mandiri (PTM), dan Skema Pengabdian Mandiri adalah Penerapan Iptek Masyarakat Mandiri (PIMM). Adapun dana yang bakal digelontorkan untuk semua skema berkisar Rp 5 jt-Rp 30 jt.

Lebih jauh Yuhefizar menyatakan, buku panduan tersebut disusun mengacu kepada Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dikeluarkan oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Isinya sesuai dengan budaya akademik keahlian atau otonomi keilmuan civitas akademika PNP serta kondisi sosial budaya masyarakat. Renstra PNP, Renstra Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PNP juga menjadi rujukan dalam penyusunan buku panduan ini, ungkapnya meyakinkan.

Tercatat sebagai Tim Penyusun buku edisi 1 tersebut Dr. Surfa Yondri, ST., S.ST., M.Kom. (Pengarah), Dr. Ir. Yuhefizar, S. Kom., M. Kom., IPM (Penanggung Jawab), dan Prof. Dr. Dra. Yuli Yetri, M.Si., Revalin Herdianto, S.T., M.Sc., Ph.D., Gusri Yaldi, S.ST., M.Eng., Ph.D., Hidayatul Ihsan, S.E., M.Sc.Acc., Ph.D, C.A., Anton, S.T., M.T., Afifah, S.E., M.Si., Ruzita, S.T., M.T., Endrawati, SE., M. Kom, Ak., Dr. Nurul Fauzi, SE., MM., Ak., C.A., Teuku Mohd. Alamsyah Almera, A.Md (Anggota).

d®amlis

Tinggalkan Balasan