Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Dhuafa Padang, PNP Serahkan Modul dan Motivasi Para Siswa untuk Kuliah

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang (PNP) kembali menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK Dhuafa Padang, Rabu (31/8/2022)

Kali ini, kegiatan tersebut diikuti 4 orang dosen PNP yang terdiri dari Tri Artono, ST., M.Kom sebagai Ketua Pelaksana dengan anggota Efrizon, S.ST., MT, Ir. Dedi Erawadi, M.Kom dan Firdaus, ST., MT.

Tri Artono mengatakan, selain dosen, kegiatan pengabdian ini juga diikuti oleh 4 mahasiswa semester 5 Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, Jurusan Teknik Elektro.

“Mahasiswa sengaja kami libatkan, karena bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” kata Tri kepada klikpositif.com.

Kegiatan pengabidan ini, kata Tri melanjutkan, sengaja digelar di SMK Dhuafa, karena memang sekolah ini diperuntukan bagi siswa dengan ekonomi menengah ke bawah, dan merupakan sekolah swasta gratis.

Tentunya, sekolah gratis ini harus menjadi perhatian banyak pihak. Bahkan, PNP sendiri pada kegiatan ini juga menyerahkan bantuan hibah berupa modul pengendalian motor tiga phasa menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) berbasis papan Arduino.

“Bantuan modul pengendalian motor tiga phasa yang kami hibahkan ini diharapkan bermanfaat bagi SMK Dhuafa sebagai sarana pendukung dalam uji praktik keahlian siswa SMK Dhuafa,” ujar Tri.

Selain menyerahkan bantuan modul, Tri juga menyebut bahwa dirinya mewakili PNP, juga memotivasi para siswa-siswi SMK Dhuafa Padang agar mereka bisa melanjutkan kuliah setelah tamat nantinya.

Menurut Tri, motivasi itu perlu disampaikan, agar mereka tetap semangat belajar untuk meraih prestasi, supaya bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Kalau bisa, kata dia, siswa SMK Dhuafa Padang ini bisa lanjut kuliah di PNP.

“Di Politeknik Negeri Padang ada jurusan Teknik Elektro PNP program studi diploma 3 dan ada program studi sarjana terapan. Jadi, jangan ragu untuk kuliah di Politeknik Negeri Padang. Jurusan yang ada linear dengan SMK Dhuafa ini,” bebernya.

Tri menambahkan bahwa pihaknya sengaja memotivasi siswa-siswi SMK Dhuafa Padang, agar mereka bisa lanjut kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Karena pendidikan adalah dasar bagi seseorang untuk meraih kesuksesan.

“Sekarang ini mana ada orang sukses tanpa pendidikan tinggi. Jadi, meskipun dari keluarga dengan ekonomi lemah, jangan takut untuk kuliah, karena di perguruan tinggi banyak program beasiswa, termasuk program bidik misi bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi,” ucap Tri.

Wakil Kepala SMKD Dhuafa Padang Bidang Kurikulum, Syamsul Efendi, mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Padang yang telah kembali menjadikan SMK Dhuafa Padang sebagai tempat pengabdian kepada masyarakat.

“Tahun lalu, PNP juga mengadakan kegiatan pengabidan di sekolah kami ini dengan menyerahkan 1 modul PLC berbiaya rendah berbasis papan arduino. Sekarang ini, PNP kembali ke sini dan juga memberikan kami modul untuk uji praktik keahlian siswa,” katanya.

Ia berharap agar PNP dapat terus memperhatikan SMK Dhuafa Padang melalui berbagai bantuan. “Jangan sampai di sini saja. Kami harap terus dilakukan secara berkesinambungan. Kalau bisa, jurusan lainnya di SMK Dhuafa Padang ini juga dibantu PNP,” ujarnya.(*)

Sumber:  https://klikpositif.com/pengabdian-kepada-masyarakat-di-smk-dhuafa-padang-pnp-serahkan-modul-dan-motivasi-para-siswa-untuk-kuliah/

Tinggalkan Balasan