PNP Serahkan Bantuan Modul PLC untuk SMK Dhuafa Padang

Politeknik Negeri Padang (PNP) menyerahkan 1 unit Modul Programmable Logic Controller (PLC) Berbiaya Rendah Berbasis PapanArduino kepada SMK Dhuafa Padang.

Bertempat di SMK Dhuafa Padang, Jalan Thamrin, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, bantuan tersebut diserahkan padaJumat (17/9) kemarin oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat PNP Tri Artono, dan diterima oleh Wakil Kepsek SMK Dhuafa Padang Syamsul Efendi.

Tri Artono mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen PNP Jurusan Teknik Elektro. Ia berharap, modul ini dapat membantu dalam pembelajaran Sistem Kontrol berbasis PLC di SMK Dhuafa.

“PLC ini merupakan alat kontrol yang umumnya banyak digunakan di kalangan industri. Menurut kami, bantuan modul PLC ini bermanfaat sebagai media pembelajaran siswa SMK Dhuafa Padang,” kata Tri Artono didampingi tiga orang dosen PNP sekaligus anggota tim Pengabdian Masyarakat PNP, Efrizon, Dedi Erawadi, dan Firdaus.

Firdaus menjelaskan, modul ini dibuat dari komponen-komponen. Seperti komponen arduino uno misalnya, dengan sedikit modifikasi yang dilakukan pada rangkaian elektronikanya, maka jadilah modul ini dan software yang digunakan untuk komunikasi dengan komputer ini bersifat open source dan dapat didownload gratis di Outseal.com.

Pada kesempatan itu, Firdaus juga menjelaskan kepada para siswa SMK Dhuafa tetang bagaimana cara mengoperasikan modul ini, serta bagaimana cara menggunakan software Outseal Studio dan bagaimana cara mengkomunikasikan antara komputer dengan modul PLC.

“Setelah diberikan penjelasan tentang modul tersebut, kami pun juga memberikan kesempatan kepada para siswa untuk melakukan percobaan membuat programnya dan mengoperasikan modul PLC ini. Alhamdulillahi, mereka (para siswa) dapat menyelesaikan kasus yang diberikan dengan baik dan benar,” ujarnya.

Wakil Kepsek SMK Dhuafa Padang Syamsul Efendi mengucapkan terimakasih kepada PNP yang telah memberikan bantuan modul PLC. “Alhamdulillah, kami sangat senang dengan bantuan modul PLC ini,” katanya.

Modul PLC ini, tambahnya, sangat bermanfaat sekali dan akan menjadi media pembelajaran bagi siswa SMK Dhuafa Padang. “Mudah-mudahan bantuan ini juga bisa menjadi amal yang baik bagi para dosen PNP yang telah mengabdikan diri dan ilmunya untuk SMK Dhuafa ini,” ujarnya.(*)

Sumber: https://news.m.klikpositif.com/baca/96043/pnp-serahkan-bantuan-modul-plc-untuk-smk-dhuafa-padang.html

Tinggalkan Balasan