PNP Tingkatkan SDM Pokdarwis Luak Gadang Kelola Pariwisata

Keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat sekitar jika dikelola dengan optimal. Untuk itu diperlukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengelola Pokdarwis agar dapat mengembangkan objek wisata menjadi lebih potensial dan diminati pengunjung.

Hal itu terungkap dalam sesi pelatihan sadar wisata bagi Pokdarwis Luak Gadang di Jorong Guguak Rang Pisang, Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Kamis (20/08/2020). Kegiatan itu merupakan rangkaian Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Padang (PNP).

Ketua Pelaksana PKM, Rini Ekasari yang juga narasumber pelatihan menyebut pihaknya tergerak untuk berbagi pengetahuan mengenai sektor kepariwisataan, karena melihat besarnya potensi objek wisata Luak Gadang yang digarap Pokdarwis.

“Agenda Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) ini menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap tahun harus ada,” katanya.

Menurut jebolan Program Beasiswa Double Degree Indonesia Prancis dari Tourism Management Universite d’Angers Prancis itu, pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat memiliki keunggulan tersendiri. Selain memberikan dampak berkelanjutan dalam peningkatan perekonomian masyarakat, juga dapat menghidupkan sistem gotong royong dan kebersamaan.

“Pariwisata di daerah tidak bisa diharapkan penuh dari pemerintah. Masyarakat harus aktif, karena itu namanya sadar wisata. Nah, untuk lebih membuka wawasan para pengelola, harus ada upgrading SDM,” jelasnya.

Lulusan Magister Kajian Wisata Universitas Udayana itu juga menyebut akan ada sinkronisasi civitas akademika Politeknik Negeri Padang (PNP) dalam mempercepat kemajuan objek wisata Luak Gadang.

“Mahasiswa kami arahkan untuk melakukan penelitian berupa pembuatan paket wisata di objek wisata ini. Lalu, nanti akan ada upaya kami membantu pemasaran. Kami sinkronkan program kampus dengan nagari agar produk-produknya lebih terarah dan semakin cepat berkembang,” papar Rini.

Baca Juga:  Pengunjung Objek Wisata Membeludak, Tak Pakai Masker Dilarang Masuk

Sementara itu, Abdiani Khairat Nadra anggota tim PKM yang juga menjadi narasumber pelatihan, membeberkan kiat-kiat menjadi pemandu wisata andal. Bekal pengetahuan itu diharapkan membawa Pokdarwis Luak Gadang semakin profesional melayani wisatawan.

“Bagaimana pengelolaan objek wisata dan cara menyambut wisatawan ada tipsnya. Perlu diperhatikan bahasa tubuh, kesopanan dan keramahtamahan. Semakin wisatawan merasa disambut dengan ramah, maka objek wisata akan semakin ramai pengunjung,” ujar lulusan S2 Pariwisata STP Trisakti Jakarta itu.

Terpisah, Wali Nagari Kamang Hilia, Khudri mengapresiasi pelatihan yang diberikan tim dosen PNP itu. Kegiatan tersebut menjadi bukti kesekian kalinya kerjasama yang terjalin baik.

“Sejak 2018 kami sudah jajaki kerjasama dengan Politeknik Negeri Padang. Kami minta mahasiswa melakukan penelitian di Kamang Hilia, kami diberikan pendampingan dalam pembuatan website nagari. Kami meyakini bidang ilmu terapan dan teknologi tepat guna sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Khudri.

Selain itu, Khudri juga mengaku telah membawa 17 wali jorong untuk studi banding ke kampus PNP di Limau Manih, Padang. Banyak pengetahuan yang telah diserap dari kampus itu.

“Untuk objek wisata Luak Gadang ke depan akan banyak pembenahan. SDM harus disiapkan. Kini saja, efeknya mulai terasa. Warga sudah menikmati tambahan penghasilan. Warung pun mulai ramai pembeli. Ini tentunya juga memberi dampak positif bagi jorong dan daerah sekitar yang dilalui setiap pengunjung,” ujarnya.

Pelatihan sadar wisata itu diikuti sedikitnya 20 warga setempat khususnya anggota Pokdarwis. Ruangan pelatihan dibuat berjarak dengan peserta terbatas sesuai protokol Covid-19. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) itu didanai oleh DIPA Politeknik Negeri Padang tahun anggaran 2020. (p)

Sumber : https://padek.jawapos.com/pariwisata/20/08/2020/pnp-tingkatkan-sdm-pokdarwis-luak-gadang-kelola-pariwisata/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *