Tentang Kami

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang (P3M PNP) dimaksudkan untuk menjadi wadah bagi para staf pengajar (dosen) dalam melaksanakan kewajibannya yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pertama kali didirikan dengan SK Direktur nomor 242.N.04/KP/1997 dengan nama Unit Pelaksana Teknis  Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT PPKM), dengan ketua Ir. Aidil Zamri.

Sesuai dengan namanya, unit ini diberi tanggung jawab untuk memfasilitasi para dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Unit ini dipimpin oleh Kepala unit yang dibantu seorang Sekretaris dan dua orang staf masing- masing untuk bidang penelitian dan bidang pengabdian. Kepala dan Sekretaris unit ini berasal staf pengajar, sedangkan masing-masing staf untuk bidang penelitian dan bidang pengabdian berasal tenaga administrasi. Untuk publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat maka dalam unit ini dibentuk unit publikasi ilmiah dengan jurnal ilmiah bernama “Poli Rekayasa”. Publikasi semacam ini juga terdapat pada tingkat jurusan. Saat ini, semua jurnal dirangkum dalam halaman web http://ejournal2.pnp.ac.id/.

Keberadaan unit ini juga didasarkan pada ketentuan dimana suatu institusi pendidikan diharuskan memiliki unit yang dapat menjadi fasilitator bagi para staf pengajarnya dalam melaksanakan Dharma kedua dan ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya dapat dijelaskan juga bahwa keberhasilan/prestasi dari suatu institusi pendidikan dapat dinilai dari aktifnya staf pengajar melakukan penelitian yang berkualitas dan mengaplikasikannya baik kepada masyarakat, kelompok-kelompok, pihak swasta/industri maupun ke instansi pemerintah yang terkait. Setiap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat selalu melibatkan mahasiswa.

Mulai tahun 2015 struktur pengelolaan P3M PNP mengalami sedikit perobahan, dimana terdiri dari seorang kepala P3M dan dua orang wakil, masing-masing wakil bidang Penelitian dan wakil bidang Penggabdian Kepada Masyarakat.

Pada tahun 2019, struktur organisasi P3M terdiri atas seorang Kepala P3M dan dua sekretaris, masing-masing sekretaris bidang Penelitian dan  sekretaris bidang Penggabdian Kepada Masyarakat serta 2 orang tenaga administrasi.

Hits: 85