Wastafel Otomatis Karya Tim PKM Politeknik Negeri Padang Diserahkan ke Puskesmas Pauh Kota Padang

Kegiatan tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Padang (PNP) dilaksanakan di Puskesmas, Kelurahan Pauh Kecamatan Pauh Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Puskesmas Pauh yang dipimpin seorang dokter telah bertindak sebagai motivator, fasilitator dan turut serta memantau terselenggaranya proses pembangunan di wilayah Kecamatan Pauh, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat.

Laporan: Roza Susanti, SST,M.Kom, Alfian, S.ST,MT, Dra Ifni Joi, M.Pd, Efendi,ST,MT

“Tujuan utama kegiatan PKM PNP adalah usaha pencegahan penularan virus corona terutama pasien dan tenaga medis di Puskesmas Pauh,” ujar Ketua Tim PKM PNP di Pauh, Roza Susanti SST, M.Kom didampingi anggota tim PKM, Alfian SST, MT, Dra. 8fni Joi M.Pd dan Efendi ST, MT.

Roza menuturkan, penularan utama Covid-19 terjadi lewat droplet atau tetesan air liur dari seseorang yang terinfeksi saat bersin, batuk, atau berbicara. Oleh karena itu disarankan untuk menjaga kesehatan, salah satunya mencuci tangan pada air mengalir.

Namun, virus corona jenis baru ini juga bisa bertahan di permukaan benda dan berpotensi menyebabkan kontaminasi. Itu sebabnya untuk tidak menyentuh benda-benda di tempat umum karena kemungkinan besar berisiko menjadi sarang virus.

Maka pada kegiatan ini tim membuat kran wastafel otomatis. Dimana pengguna tidak lagi memutar kran cukup dengan meletakkan tangan dibawah kran, maka air akan mengalir.

Alat ini merupakan miniatur dari sistem otomasi Pada saat anggota tubuh seseorang berada dibawah kran air, maka sensor PIR yaitu sensor elektronik yang ada diatas kran akan mendeteksi dan memberi sinyal kepada mikrokontroler untuk membuka solenoid valve sehingga kran air terbuka. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *