Buka Pemahaman Guru Soal Akuntansi Persediaan

Seiring belum sepenuhnya praktisi akuntansi memahami pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) No 14 menyangkut akuntansi persediaan, tim dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) membekali guru SMKN 2 Bukittinggi.

Peserta pelatihan terdiri dari guru jurusan akuntansi SMKN 2 Bukittinggi dan beberapa guru akuntansi dari sekolah lain. Metode pelatihan diberikan berupa pemaparan materi dan contoh soal, serta penggunaan kertas kerja  terkait dengan persediaan, dalam hal ini kartu persediaan dan formular jurnal.

Tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Padang (PNP) diketuai Fitra Oliyan SST MSi memaparkan soal pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan persediaan dalam laporan keuangan. Di samping itu, juga paparkan soal perbedaan metode-metode pencatatan persediaan, pengukuran persediaan, disertai ilustrasi-ilustrasi sederhana terkait persediaan.

“Sebagaimana diketahui, persediaan bagian dari aktiva atau aset lancar umumnya terdapat pada perusahaan dagang dan manufaktur. Dalam mencatat persediaan, terdapat dua metode pencatatannya, yaitu metode perpetual dan metode fisikal (metode periodik),” ujar Fitra.

Didampingi anggota tim terdiri dari Gustati SE MSi Ak, Randy Heriyanto SST MSc, Ulfi Maryati SE MAk Ak, Fitra menjelaskan, metode perpetual berupa pencatatan persediaan yang selalu dilakukan setiap terjadi perubahan nilai persediaan, dan setiap jenis persediaan memiliki kartu persediaan tersendiri.

“Sedangkan metode fisikal kuantitas persediaannya ditentukan secara periodik, yaitu saat dilakukan perhitungan fisik (stock opname) atas persediaan. Pengelolaan persediaan diperlukan kecermatan dan ketelitian, guna menghindari kesalahan dalam menilai persediaan yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Untuk itu, diperlukan akuntansi persediaan diatur oleh PSAK 14,” ujar dia.

Dengan adanya pemaparan materi pelatihan tersebut disertai contoh-contoh penerapannya, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta pelatihan soal akuntansi persediaan.

Pada pelatihan ini juga diberikan contoh soal tentang perlakuan beban angkut pembelian, return pembelian, serta potongan pembelian, dan menghitungnya kedalam biaya persediaan, serta memasukkannya ke dalam kartu persediaan, dan kemudian menjurnalnya.

“Pelatihan yang diberikan kepada para guru ini suatu upaya dalam meningkatkan pemahaman para guru dalam hal akuntansi persediaan,” ujar dia. Pihaknya mengucapkan terima kasih disampaikan Kepala Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Bukittinggi sekaligus ketua MGMP Akuntansi Kota Bukittinggi.

Kegiatan pengabdian masyarakat di aula SMK Negeri 2 Bukittinggi dan dibuka Kepsek SMKN 2 Bukittinggi, Dra Meri Desra MPd ini, didampingi Wakil Kepsek dan Kepala Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Bukittinggi. (cr4)

Sumber: https://padek.jawapos.com/pendidikan/25/08/2022/buka-pemahaman-guru-soal-akuntansi-persediaan/

Tinggalkan Balasan