Nagari Bayua Bersiap Menuju Desa Digital Bersama Tim PNP

AGAM (30/8/2021) – Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, fokus menyiapkan diri sebagai Nagari Digital. Mewujudkan visi itu, pemerintah nagari bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) mengembangkan website dalam Sistem Informasi Nagari Berbasis Digital.

“Mengembangkan Sistem Informasi Nagari yang didalamnya ada website, merupakan bagian penting visi dan misi nagari yang sudah kita tuangkan dalam RPJM Nagari. Karena kita bersyukur adanya kerjasama dengan PNP guna mewujudkan visi dan misi nagari yang juga kita sebut sebagai Nagari Digital,” ucap Wali Nagari Bayua, Hadi Fajrin saat memberi sambutan.

Dikesempatan itu, juga dilakukan pelatihan pembuatan website dan Sistem Informasi Nagari, Ahad (29/8/2021), di kantor wali Nagari Bayua. Pelatihan diberikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PNP, Dr Yuhefizar.

Peserta pelatihan, perangkat nagari dan beberapa pemuda yang akan jadi pengelola Sistem Informasi Nagari. Hadir juga mendampingi pelatihan ini, Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Agam, Yosnofrizal.

Dikatakan Hadi Fajrin, Nagari Bayua mempunyai banyak potensi, terutama potensi alamnya yang indah karena terletak di pinggir Danau Maninjau. Juga ada potensi budaya dan wisata religi, yang belum terekspose maksimal.

“Adanya website, sangat membantu dalam mengekspos potensi nagari. Apalagi dengan sistem informasi berbasis digital, meningkatkan kualitas pelayanan nagari,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur PNP, Dr Surfa Yondri menyambut baik kerjasama Nagari Bayua dengan PNP, khusus menjadikan Nagari Bayua sebagai Nagari Digital.

“Kami sangat berterima kasih pada nagari-nagari yang bekerjasama dengan kampus, karena keberhasilan suatu kampus itu adalah disaat manfaatnya dirasakan masyarakat,” terangnya.

“Oleh karena itu, kami siap membantu Nagari Bayua melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) PNP. Kami juga mengundang nagari-nagari yang lain, untuk bekerjasama dengan PNP,” ujarnya saat penandatanganan kerjasama, 23 Agustus 2021

Sudah Kebutuhan

Kepala P3M PNP, Dr Yuhefizar langsung turun ke nagari Bayua dan melakukan kegiatan pengabdian bersama beberapa orang dosen. Dia menyebutkan, kegiatan pengabdian di Nagari Bayua terdiri atas 2 kegiatan yaitu Pembuatan Website Nagari beserta pelatihannya. Kemudia, pembuatan website sistem informasi nagari beserta pelatihannya.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada 29 Agustus 2021 tersebut, dihadiri juga M Ikhsan Yusda Dt Rky M, Variyetmi Wira, Yenida, dan Lilimiwirdi.

Desa digital, saat ini sudah jadi kebutuhan bagi setiap desa/nagari. Hal ini terungkap dalam paparan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebagaimana disampaikan Budi Arie, wakil menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Sudah dicanangkan oleh Pak Presiden dalam rapat kabinet terbatas, di akhir tahun 2022 harus seluruh desa di Indonesia memiliki akses internet,” ucapnya.

Hal ini sejalan dengan janji kampanye beliau untuk mewujudkan Desa Digital. Mengembangkan desa berbasis digital menjadi target presiden, lantaran desa-desa di seluruh Indonesia diproyeksikan Presiden Jokowi, untuk menjadi sarana transformasi menuju Indonesia maju.

“Desa digital menjadi sarana atau alat transformasi menuju Indonesia maju,” pungkas Budi Arie. (rls)

Sumber : https://www.valoranews.com/berita/16317/nagari-bayua-bersiap-menuju-desa-digital-bersama-tim-pnp.html

Tinggalkan Balasan