Dosen Sistem Informasi PNP Kampus Tanah Datar Gelar Pengabdian Masyarakat

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat terutama dilingkungan kampus, Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Padang (PNP) Kampus Tanah Datar di Nagari Tigo Jangko menggelar Workshop Series hingga Desember mendatang.

Kegiatan yang digelar Jurusan Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi Politeknik Negeri Padang di  Kampus Tanah Datar itu bertemakan Mewujudkan SDM Unggul Di Era Industri 4.0, dengan menyasar peserta dari berbagai kalangan.

Materi diberikan oleh para dosen dari program studi sistem informasi kepada peserta yang terdiri dari Guru TK dan SMA sederajat, walinagari, siswa, serta  pelaku UMKM yang setiap pertemuan diikuti oleh 20 orang peserta.

Workshop yang digelar sejak akhir Juli lalu itu, dijadwalkan berlangsung hingga Desember mendatang dengan pemateri dan peserta yang berbeda setiap kali pertemuan. Pada tanggal 29-30 Juli yang lalu, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Nagari Digital, yang dikuti oleh pewakilan dari 13 Nagari, Tanggal 27 Agustus 2022, dilaksanakan pelatihan peningkatan literasi untuk Guru.

Materi diberikan oleh dosen dari PNP dengan judul materi yang berbeda pula, diantaranya oleh Yuhefizar dengan materi Nagari Digital dan Digital Marketing untuk UMKM, Novi Efendi dengan materi Literasi Digital, M Ibrahim dengan materi Hardware Komputer, kemudian Ulia Ulfa dengan materi Animasi, dan Riyang Gumelta dengan materi tentang website serta Ahmad Afif dengan materi intenet sehat.

Yuhefizar selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat PNP mengatakan, kegiatan pengabdian ini terlaksana berkat kerjasama dengan para perantau tanah datar serta kaum muda tanah datar yang sangat peduli terhadap peningkatan kualitas SDM di Tanah Datar.

“Tentunya agenda ini sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan agar keberadaan Kampus PSDKU PNP di Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintaubuo semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Yuhefizar.

Yuhefizar menjelaskan, bahwa program ini diinisiasi oleh para dosen PSDKU PNP Prodi Sistem Informasi dan terlaksana berkat bantuan dari perantau dan kaum muda tanah datar, nantinya kegiatan ini akan digelar secara rutin hingga Desember mendatang dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Kegiatan ini sesuai dengan Tridarma perguruan tinggi dalam rangka wujud pengabdian terhadap masyarakat,” terangnya.

Nantinya, diharapkan kepada peserta yang mendapatkan materi agar lebih paham pemanfaatan IT dalam bidang masing-masing.

Terkait kegiatan perkuliahan, September nanti proses belajar mengajar akan segera dimulai dengan jumlah mahasiswa baru yang terdaftar sebanyak 60 orang. Sejauh ini, PSDKU PNP Kampus Tanah Datar telah melahirkan lebih kurang 300 alumni sejak keberadaannya di Lintaubuo beberapa tahun lalu. (Stg).

Sumber: Koran Padek

Tinggalkan Balasan