Tim Penelitian Terapan Pemula PNP Hibahkan Mesin Pencuci Karpet untuk Masjid Nurul Huda

Program penelitian terapan pemula Politeknik Negeri Padang telah selesai di laksanakan di Masjid Nurul Huda Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Pada program ini dihibahkan satu unit mesin pencuci karpet sebagai penunjang kegiatan kebersihan di lingkungan masjid tersebut.

“Dengan menggunakan mesin pencuci karpet mekanik ini, pekerjaan membersihkan karpet pada masjid tersebut di harapkan akan semakin mudah dan cepat.”

“Selain hemat waktu tentu juga akan menghemat tenaga dan jumlah pekerja yang membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada karpet,” sebut Ketua Tim Penelitian Terapan Pemula PNP, Prof. Dr.Yuli Yetri M.Si.

Ia mengatakan, kegiatan penyerahan bantuan mesin pencuci karpet ini telah dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022 yang lalu.

Tujuannya untuk mempermudah pengurus masjid dalam mencuci karpet.

“Biasanya mencuci karpet butuh waktu lama, sedangkan karpet ini kebutuhan pemakaiannya butuh cepat.”

“Sehingga perlu alat bantu untuk memenuhi hal yang urgensi tersebut,” ungkapnya.

Yuli Yetri menjelaskan, alat pencuci karpet yang di sumbangkan ini merupakan hasil proyek tugas akhir (TA) dari mahasiswa jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang, Dandi Ilham dan Annisa.

“Agar alat ini layak untuk di sumbangkan, maka di lakukan penyempurnaan lagi oleh tim penelitian terapan pemula.”

“Mereka  beranggotakan Ruzita Sumiati ST., MT, Haris Spd., MT. Penyempurnaannya dengan menambahkan torsi dan daya pada mesin untuk meningkatkan tenaga yang di hasilkan,” jelasnya.

Sampaikan Terimakasih

Ketua Pengurus Mesjid Nurul Huda, Drs. H. Suhatmi Tole menyampaikan terimakasih kepada PNP yang telah membantu dengan menyumbangkan alat pencuci karpet.

Dengan adanya alat ini petugas kebersihan sangat terbantu dalam melaksanakan tugasnya.

“Alat ini selain untuk mencuci karpet juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai keramik yang kotor.”

“Ini tentu sangat membantu petugas kebersihan masjid. Semoga kerjasama ini dapat berlanjut dalam bentuk peralatan yang lain untuk pemeliharaan masjid ini,” terangnya.

Saat penyerahan alat ini semua pengurus dan petugas kebersihan serta masyarakat sekitar turut hadir menyaksikan demo pemakaian mesin pencuci karpet bantuan dari PNP tersebut.

Hal ini bertujuan agar alat ini dapat beroperasi dengan baik. (ri)

Sumber: https://rakyatsumbar.id

Tinggalkan Balasan