Pengabdian
11 Mei 2024 | 425 x dibuka
Tingkatkan Pelayanan, Nagari Batipuah Ateh Menerima Bantuan Anjungan Layanan Mandiri sebagai Nagari Digital dari Politeknik Negeri Padang

Batipuah Ateh – Digitalisasi saat ini sudah menjadi keniscayaan dalam setiap aktifitas, termasuk dalam hal pelayanan di Nagari (Desa). Hal ini sejalan dengan amanah Undang-Undang No. 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 tahun 2024 tentang DESA bahwa pemerintah/pemerintah daerah wajib mengembangkan sistem informasi desa. Hal ini juga terkait dengan keterbukaan informasi publik, sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bahwa lembaga publik wajib mengumumkan informasi publik secara berkala. Berdasarkan amanah Undang-Undang tersebut, Pemerintah Nagari Batipuah Ateh telah membangun website nagari dengan alamat www.batipuahateh.desa.id sebagai wadah untuk penyebaran informasi publik serta dalam website tersebut sudah tersedia sistem informasi desa untuk menjawab amanah Undang-Undang No. 3 tahun 2024. Dalam Pasal 67 ayat 7 UU No. 3 Tahun 2024 juga menyatakan bahwa desa berkewajiban memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat setempat. Hal inilah mendasari Nagari Batipuah Ateh untuk terus berinovasi dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakatnya.
Nagari Batipuah Ateh, Kecamatan Batipuah, Kabupaten Tanah Datar telah menjadi nagari binaan Politeknik Negeri Padang (PNP) sejak tahun 2020 dalam hal sinergi program kegiatan pemerintahan bidang pendidikan dan kebudayaan, lingkup kegiatan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat, termasuk didalamnya kegiatan pembangunan dan pengembangan sistem informasi nagari. Pada tahun 2024 ini, Kerjasama ini ditingkatkan dalam bentuk optimalisasi atas kegiatan yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam hal peningkatan pelayanan masyarakat guna menjawab permasalahan yang dihadapi nagari Batipuah Ateh saat ini.
Politeknik Negeri Padang sebagai institusi pendidikan vokasi berkewajiban untuk membangun sinergi dengan banyak pihak dalam mengimplementasi ilmu pengetahuan terapan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Menindaklanjuti permasalahan yang dialami oleh Nagari Batipuah Ateh dalam hal peningkatan layanan tersebut, Dosen PNP, Dr. Ir. Yuhefizar selaku ketua tim pelaksana pengabdian PNP telah mengajukan proposal dan lolos didanai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema pemberdayaan desa binaan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, sehingga pada tahun ini tim pelaksana pengabdian PNP akan fokus membantu Nagari Batipuah Ateh dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat di nagari.
Mengawali kegiatan peningkatan layanan ini, tim pelaksana pengabdian PNP pada hari Kamis, 9 Mei 2024 telah menyerahkan bantuan berupa seperangkat alat yang disebut dengan ANJUNGAN LAYANAN MANDIRI (ALM). ALM ini berfungsi sebagai wadah untuk mempermudah dan mempercepat layanan kemasyarakat di nagari. Melalui ALM ini, masyarakat telah dapat mengakses data personalnya, mencetak langsung fotokopi KK dan data personal lainnya, serta dapat mengajukan permohonan berbagai macam surat sesuai kebutuhan dan mencetak langsung tanpa melalui perangkat desa, artinya sudah dapat melakukan pelayanan secara mandiri. ALM ini terdiri dari Box anjungan yang telah dilengkapi dengan monitor layar sentuh, printer, webcam dan RFID sebagai media untuk mengakses ALM melalui KTP elektronik warga.
Disamping itu, ALM ini juga dapat berfungsi sebagai mesin absensi bagi perangkat nagari, karena ALM telah dilengkapi dengan fitur tersebut, perangkat Nagari sekarang sudah bisa cek kehadiran melalui ALM dengan hanya menempelkan KTP Eletroniknya pada RFID yang terdapat di ALM. Sehingga keberadaan ALM diharapkan mampu mempermudah dan mempercepar layanan di nagari. Sehingga nantinya wali nagari dapat mengetahui jam masuk dan jam keluar perangkat serta siapa saja perangkat yang terlambat hadir atau bahkan tidak hadir tanpa alasan, dan lainnya.
Disisi lain, para tamu nagari Batipuah Ateh dapat mengakses ALM secara langsung untuk memperoleh informasi nagari secara lengkap serta dapat mengisi buku tamu. Buku tamu merupakan salah satu cara dalam peningkatan pelayanan untuk mendata setiap tamu yang berkunjung, seperti tujuan bertamu, untuk bertemu dengan siapa, serta tamu wajib memberikan point penilaian atas pelayanan di nagari, sehingga keberadaan buku tamu nagari menjadi hal yang sangat penting sebagai media untuk mendapatkan input dari tamu dan tentu saja ini menjadi langkah baik dalam hal perbaikan pelayanan di nagari serta untuk melihat statistik pengunjung nagari.
Yuhefizar dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa “Bantuan ALM ini merupakan langkah awal kita untuk membantu peningkatan layanan di Nagari Batipuah Ateh menuju NAGARI DIGITAL, untuk itu, mari kita gunakan sebaik dan semaksimal mungkin, agar tujuan untuk mempermudah dan peningkatan layanan nagari terwujud, tanpa ada komitmen dari wali nagari dan seluruh perangkat tentu ALM ini tidak akan berfungsi dengan baik, karena ALM ini hanyalah alat bantu, motor penggeraknya seluruh perangkat nagari”, ujarnya. “Kita akan evaluasi pemanfaatan ALM dalam 1 bulan ini, setelah itu akan diadakan beberapa kali pelatihan pemaksimalan penggunaan website nagari, sistem informasi nagari dan optimalisasi penggunaan ALM, agar tujuan NAGARI DIGITAL dapat terwujud, karena tahun depan nagari ini kita siapkan untuk menjadi NAGARI CERDAS (smart village)”, lanjutnya.
Wali Nagari, Ade Putra, SE., N.LP mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, “Kami atas nama pemerintah nagari mengucapkan terima kasih atas rahmat bantuan hari ini, kami sudah lama rindu untuk mewujudkan nagari digital, semoga ini menjadi langkah awal untuk mewujudkannya”.
Dalam kesempatan serah terima tersebut turut hadir perangkat nagari serta telah melakukan uji coba penggunaan ALM secara langsung, mencoba seluruh fitur yang ada serta melakukan diskusi langsung dengan tim pelaksana pengabdian hingga semua fitur ALM telah dapat digunakan dan berfungsi dengan baik.
Diakhir kegiatan, wali nagari mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Padang atas bantuan ini serta kepada Kemdikbudristek melalui Dirjen Vokasi yang telah mendanai kegiatan yang sangat kami butuhkan saat ini. Hal yang sama juga disampaikan oleh Yuhefizar, selaku ketua tim, “bahwa kegiatan ini terlaksana tidak terlepas dari dukungan penuh dari Pimpinan Politeknik Negeri Padang beserta segenap tim pelaksana pengabdian, harapan kami semoga bantuan ini bermanfaat, digunakan secara maksimal serta dijaga agar terus dapat berfungsi dengan baik, karena ALM merupakan perangkat elektronik, tentu sangat rentan dengan gangguan dan kerusakan, mari kita jaga bersama, dan mari kita maksimalkan pemanfaatannya, agar terwujud NAGARI BATIPUAH ATEH sebagai NAGARI DIGITAL”, ujarnya.
Selamat kepada Nagari Batipuah Ateh, semoga tagline NAGARI BATIPUAH ATEH sebagai NAGARI digital tidak hanya dalam ucapan saja, namun dalam aksi nyata.[yh].
Link Youtube penyerahan ALM dapat di lihat di: https://www.youtube.com/watch?v=AdCcZIyQq64